4.9.10

Persiapan Tim Sepakbola Indonesia Melawan Brasil

Dari hasil uji coba melawan Persita Tangerang, Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl menilai penampilan timnas belum istimewa. Masih ada banyak kelemahan yang ditemui, salah satunya yang menjadi fokus adalah barisan depan timnas.

Pasalnya, di antara empat striker yang diturunkan secara bergilir, yakni Bambang Pamungkas, Yongky Aribowo, M. Isnaeni, dan Jaya Teguh Angga belum bisa satu pun yang bisa bekerja efektif. "Masih banyak umpan dan kontrol bola yang tidak berjalan baik ketika membangun serangan. Mereka bermain terlalu lembut. Namun kendati tidak beruntung, keempatnya sudah melakukan tugasnya masing-masingd dengan baik dan membantu pemain lain mencetak gol," ujar Riedl.

Minimnya performa lini depan inilah yang membuat Riedl akan melakukan evaluasi ulang jelang akhir Tc tahap pertama. Menurut dia, dari hasil evaluasi nanti, akan ada eliminasi lagi khususnya di bagian depan. Satu striker akan dipulangkan Selasa (7/9) depan. "Yang pasti di TC kedua yang akan dimulai November mendatang nanti akan ada perubahan. Tunggu saja. Kami sudah memiliki catatannya," ungkapnya.

Memang di lini depan hanya Bambang Pamungkas yang sebelumnya sudah sering berkostum timnas, sedangkan tiga striker lainnya merupakan pemain debutan baru. Namun dari segi kualitas, Riedl justru sebelumnya menilai para pendatang baru ini memiliki semangat yang lebih dibandingkan Bambang. "Bambang tidak terlalu efektif di depan, dia lebih banyak menunggu umpan, dibandingkan mencari cela untuk mendapatkan bola," kata Riedl.

Timnas masih akan melakukan satu kali lagi uji coba dengan tim lokal Divisi Utama Pro Titan Medan (Pro Duta) pada Minggu (5/9) nanti. Uji coba terakhir itu, sebelum para pemain akan kembali membela klubnya di ajang Kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2010/2011, mulai 26 September mendatang, akan menjadi bahan evaluasi terakhir bagi tim pelatih untuk menentukan 22 nama yang akan kembali dipanggil masuk pada TC tahap kedua nanti.

LAWAN BRASIL


Belum adanya kepastian uji coba melawan Timnas Brasil membuat Badan Tim Nasional (BTN) berencana menukar waktu pelaksanaan uji coba internasional bagi Timnas Indonesia. "Pertandingan dengan timnas Brasil akhirnya ditunda sampai November, tepatnya pada 17 November. Padatnya agenda uji coba mereka membuat pertemuan ini harus dijadwalkan ulang," ujar Ketua BTN Iman Arif.

Uruguay yang nantinya akan menggantikan posisi Brasil sebagai lawan pertama timnas di ajang uji coba internasional yang rencananya akan berlangsung 9 Oktober mendatang. Setelah Uruguay, partai persahabatan melawan timnas Pantai Gading dijadwalkan akan dilangsung pada 13 Oktober. "Kami meminta agar mereka (Pantai Gading) membawa tiga pemain bintangnya yang merumput di Eropa, seperti Salomon Kalou, Yaya Toure, dan Kolo Toure," imbuhnya.

Selain melawan tim-tim besar, Timnas juga merencananya melakukan agenda uji coba melawan tim Asia, seperti Cina (21/11) dan Timor Leste (24/11). "Mudah-mudahan semua berjalan sesuai rencana. Kami membutuhkan uji tanding melawan tim besar untuk membuka kepercayaan diri pemain, karena akan lebih bergengsi dibandingkan dengan uji coba melawan klub," tuturnya menambahkan.

TODAY DIRECTORY © 2008 today directory.

TOPO