12.7.10

Pejabat Taliban Dihapus Dari Daftar Teroris

(LARUT, FILIPINA SELATAN DIHANTAM BANJIR, AJARAN PANCASRADHA)

Presiden Afghanistan Hamid Karzai menjajaki penghapusan 50 mantan pejabat Taliban dari daftar teroris yang dikeluarkan PBB. Ini merupakan bagian dari upaya rekonsiliasi Pemerintah Afghanistan dengan kelompok moderat Taliban.

Umumnya, Pemerintahan Karzai menggunakan syarat yang sebelumnya telah diajukan kepada Taliban untuk berdamai. Syarat tersebut mengharuskan Taliban menghentikan kekerasan dan menerima konstitusi negara, serta mendesak Taliban memutuskan hubungan dengan kelompok teroris internasional. Demikian dilansir AFP, Senin (12/7/2010).

Dalam beberapa pekan terakhir, pemerintahan Karzai menggunakan pendekatan baru untuk menyentuh pihak Taliban. Karzai sedang mengupayakan  perjanjian politik untuk mengakhiri konflik yang sudah berlangsung selama sembilan tahun terakhir ini. Upaya ini mendapat dukungan Amerika Serikat.

Meski mendapat kesediaan dari AS, PBB menuntut Afghanistan untuk memberikan bukti jelas jika anggota Taliban yang keluar memang benar sudah tidak terkait dengan kekerasan di negeri itu.

Selasa pekan lalu, utusan khusus Presiden AS Barack Obama untuk Afghanistan dan Pakistan, Richard Holbroke, telah berkunjung ke kantor PBB di New York untuk mendesak PBB menyutujui penghapusan nama-nama mantan pejabat Taliban dari daftar teroris.

Sebelumnya, AS menolak penghapusan daftar nama teroris mantan anggota Taliban, termasuk pemimpin Taliban Mohammad Omar. Namun, Holbroke menginginkan ada penghapusan dari beberapa tokoh Taliban, pada konferensi internasional di Kabul bulan ini.

TODAY DIRECTORY © 2008 today directory.

TOPO